Yak. Kembali lagi sama saya Suci Amelia. disini sekarang saya mau menjelaskan "15 fungsi masing-masing perintah pada sconfig windows server 2012 r2".
yuk langsung aja kita simak...
Dibawah ini adalah tampilan dari sconfig. Kepanjangan nya adalah "Server Configuration".
sconfig merupakan server yang bisa dikonfigurasi dengan menggunakan command CLI.
TAMPILAN SCONFIG
Untuk masuk ke menu konfigurasinya, kita harus mengetik nomornya atau memilih nomor yang ada pada tampilan sconfig.
yak.langsung aja...
Pertama kita pilih nomor 1
1. DOMAIN/WORKGROUP
Fungsi dari DOMAIN/WORKGROUP yaitu jika ingin masuk ke domain yang sudah terdaftar, untuk masuk kita hanya mengetik nama domain atau workgroup nya saja.
Dan disini saya akan mencoba mendaftarkan server ini ke domain "suci.net"
Pertama pilih nomor "1" pada menu sconfig, kemudian akan muncul 2 pilihan yaitu <D>omain or <W>orkgroup. dan sekarang kita pilih huruf "D" karena kita akan bergabung ke domain.
Kemudian join domain dengan ini nama domainnya, disini saya menggunakan nama domain "suci.net". lalu akan diminta "specify an authorized dimain\user" disini saya mengisi dengan nama "domainsuci". kemudian enter, maka akan mucul seperti gambar diatas yaitu kita diminta password untuk join ke domain.
Maka hasilya akan muncul seperti gambar diatas, karena domain yang dimasukan tadi belum didaftarkan/dikonfigurasi, makanya akan mucul pesan error seperti gambar diatas.
2. COMPUTER NAME
Fungsi dari COMPUTER NAME yaitu untuk mengganti nama komputer.
Sebelumnya nama servernya adalah SUCIAMELIA saya akan merubah menjadi "suciwinserv2012".
caranya yaitu, pertama kita pilih opsi nomor "2" setelah itu masukan nama computer yang ingin kita ganti, lalu enter setelah itu server akan restart dan nama komputer akan terganti.
Setelah proses restart selesai maka nama komputer akan terganti sesuai nama yg tadi udah kita setting, seperti gambar diatas.
3. ADD LOCAL ADMINISTRATOR
Fungsi ADD LOCAL ADMINISTRATOR yaitu untuk menambahkan admin local yang dapat mengakses server ini atau membuat user baru.
Caranya yaitu pilih opsi nomor "3" kemudian masukan nama dan passwordnya.
4. CONFIGURE REMOTE MANAGEMENT
Fungsi CONFIGURE REMOTE MANAGEMENT yaitu untuk mengkonfigurasi menejemen remot. misalnya untuk mengaktifkan atau mematikan remote management.
Untuk mengaktifkan caranya yaitu pilih opsi nomor "4" kemudian enter
Selanjutnya akan mucul menu seperti gambar yang saya beri kotak bergaris merah, kemudian pilih opsi nomor 1, maka remote management akan diaktifkan.
Maka akan mucul seperti gambar diatas, lalu klik "ok" setelah itu remote management akan aktif. dan setelah itu statusnya akan Enabled. bisa dilihat di tampilan berikutnya ...
5. WINDOWS UPDATE SETTINGS
Fungsi WINDOWS UPDATE SETTINGS yaitu untuk mengatur jika windows ingin melakukan update secara otomatis atau manual.
Disini saya akan merubah settingan windows update dari manual menjadi automatic, yang artinya yaitu windows akan melakukan update setiap harinya atau secara otomatis.
caranya yaitu pertama pilih opsi nomor "5", kemudian akan muncul pilihan <A>utomatic or <M>anual. Karena kita mau mengaktifkan automatic update, maka kita pilih huruf "A" lalu tekan enter.
Kemudian akan mucul tampilan seperti gambar diatas, artinya windows server sudah di setting otomatis dan windows akan melakukan pengecekan untuk update dan install secara otomatis setiap harinya.
Dan sekarang status nya akan berubah menjadi "Automatic" seperti gambar diatas.
6. DOWNLOAD AND INSTALL UPDATES
Fungsi DOWNLOAD AND INSTALL UPDATES yaitu untuk mempermudah jika mendownload update dari pihak microsoft nya langsung.
Untuk melakukan updatenya caranya yaitu pertama pilih opsi nomor "6" kemudian enter.
kemudian akan muncul windows baru dan kita harus memilih apakah ingin all update atau recomended updates only. disini saya akan memberi contoh yang all maka ketik huruf "A" lalu enter, maka windows akan mencari semua update secara otomatis. ya kurang lebihnya si begitu.
7. REMOTE DESKTOP
Fungsi REMOTE DESKTOP yaitu untuk memberi izin agar desktop bisa di remote atau tidak.
Nah pada gambar diatas bisa dilihat bahwa status Remote Desktop nya masih Disabled berati tidak bisa meremote, sekarang kita akan mengaktifkannya agar bisa diremote oleh client.
caranya adalah pertama kita masuk ke menu Remote Desktop dengan pilih opsi nomor "7", kemudian akan muncul pilihan <E>nable or <D>isable, nah karena kita ingin mengaktifkan remote desktop, maka kita harus pilih huruf "E". kemudian enter
Setelah itu akan muncul pilihan lagi, pilihan yang pertama yaitu "allow only clients running remote desktop with network level authentication <more secure>" dan yg kedua yaitu "allow clients running any version of remote desktop<less secure>
Dua pilihan tersebut memiliki arti yang berbeda. Pertama kita pilih nomor "1" kemudian enter
Pada pilihan pertama atau nomor "1" kita akan mengaktifkan remote desktop terlebih dahulu. maka setelah itu akan muncul pemberitahuan bahwa remote desktop sudah aktif, lalu klik "ok" saja.
Kemudian kita lihat status pada Remote Desktop, maka statusnya berubah yang tadinya Disabled menjadi Enabled (more secure clients only)
Oke. Sekarang kita coba opsi yang kedua, pada mode ini semua client dapat menjalankan remote desktop dengan versi berapapun, jadi bisa dibilang keamanannya agak kurang. caranya pilih angka "2" lalu enter.
Dan coba kita lihat, maka status pada Remote Desktop akan berubah lagi menjadi Enabled (all clients).
8. NETWORK SETTINGS
Fungsi NETWORK SETTINGS yaitu untuk mengkonfigurasi semua yang berhubungan dengan jaringan, misalnya untuk mengatur IP, DNS maupun clear DNS.
Untuk mengaturnya caranya yaitu masuk kemenu network settings dengan memilih nomor "8" kemudian enter. kemudian akan muncul tampilan index, disini kita pilih nomor indexnya. Pada gambar diatas nomor indexnya yaitu 10 maka kita tulis angka "10"lalu enter
Maka setelah itu akan muncul "network adapter setting" dan 4 pilihan seperti yg ada pada gambar diatas. dan disini saya akan mencoba/memberitahukan satu per satu.
Yang pertama kita pilih nomor "1" untuk konfigurasi ip nya, kemudian akan muncul pilihan <D>HCP atau <S>tatic disini saya menggunakan DHCP jadi pilih huruf "D".
Selanjutnya adalah opsi nomor 2 yaitu Set DNS Servers fungsinya untuk menambahkan DNS server, untuk masuk ke menunya kita pilih nomor "2" lalu enter.
Kemudian kita diminta untuk memasukan DNS, saya menggunakan 8.8.8.8 seperti gambar diatas. dan setelah dienter, kita diminta untuk memasukan alternate DNS server saya isi 8.8.8.8
Nah. Setelah selesai kita setting maka DNS nya akan terganti sesuai yg tadi sudah kita isi, hasilnya seperti gambar diatas.
Oke, selanjutnya adalah opsi nomor 3 fungsinya untuk menghapus DNS nya, jadi jika kita masuk ke menu nomor 3 ini maka DNS servernya akan dihapus dan diganti secara otomatis dari network.
Langsung aja, pilih nomor "3" lalu enter maka akan muncul pemberitahuan seperti gambar diatas.
Jika sudah selesai maka hasilnya akan seperti gambar diatas DNS yang tadi sudah kita setting maka akan terganti menjadi DNS yang ditentukan network.
9. DATE AND TIME
Fungsi dari DATE AND TIME yaitu untuk mengatur waktu dan time zone.
Untuk masuk ke pengaturan waktu dan time zone kita pilih nomor "9" lalu enter. maka akan keluar pengaturan waktu seperti gambar diatas.
10. HELP IMPROVE THE PRODUCT WITH CEIP
Fungsi perintah ini yaitu untuk bergabung dalam customer experince improvement program.
jadi jika kita memiliki masalah diwindows , maka datanya akan di collect oleh pihak microsoft nya, jadi untuk pengaturan ini kita bisa bergabung atau tidak.
11. WINDOWS ACTIVATION
Fungsi dari WINDOWS ACTIVATION yaitu untuk mempermudah mengelola yang berhubungan dengan license. misalnya untuk mengaktifkan windows dll
Saya contohkan disini kita akan melihat "license info" yang berada di opsi nomor 1, caranya kita hanya memilih nomor "1" lalu enter, maka akan mucul window yang isinya yaitu informasi license windows server.
12. LOG OFF USER
Fungsi LOG OFF USER yaitu untuk keluar dari user yang sedang digunakan, biasanya digunakan jika pengguna akan mengganti user.
Caranya kita tinggal pilih nomor "12" lalu enter. maka akan ada pilihan "yes" dan "no".
Ini adalah tampilannya jika kita log off
13. RESTART SERVER
Fungsi RESTART SERVER yaitu untuk memulai ulang servernya.
Untuk melakukan restart kita hanya pilih nomor "13" maka akan ada window yang akan konfirmasi apakah kita ingin restart atau tidak.
14. SHUT DOWN SERVER
Fungsi SHUT DOWN SERVER yaitu umtuk mematikan servernya.
Untuk shutdown servernya adalah pilih opsi nomor "14" lalu enter, kemudian akan muncul window untuk mengkonfirmasi apakah kita benar ingin shutdown atau tidak.
15. EXIT TO COMMAND LINE
Fungsi EXIT TO COMMAND LINE yaitu untuk keluar dari sconfig ke command line biasa atau ke seperti semula.
caranya kita hanya memilih opsi yg terakhir atau no "15" lalu enter.
Jadi, dari semua ke-15 itu memiliki fungsinya yang berbeda-beda.
Yak. mungkin cukup sekian postinagn dari saya, mohon maaf jika ada kekurangan dan yang sulit dimengerti, terimakasih sudah berkunjung. Semoga Bermanfaat....
0 on: "Fungsi masing-masing Perintah di sconfig Windows Server 2012 R2"